Kami juga menyediakan berbagai jenis ikan hias dan juga ikan cupang dengan kualitas kontes dengan harga yang terjangkau

Minggu, 06 Desember 2015

Merawat anakan ikan cupang

CARA MERAWAT ANAKAN IKAN CUPANG


                  Hay teman teman,sekarang saya akan melanjutkan pos saya yang terdahulu. Dan saya akan membahas tentang bagaimana cara merawat anakan ikan cupang. Sebelum melanjutkan,bagaimana apakah budidaya ikan cupang anda berhasil??? di jamin deh kalo kalian mengikuti instruktusi dari saya secara benar pasti budi daya kalian akan berhasil. Tanpa basa basi langsung kita mulai saja ya : 
  • Saat burayak sudah menetas,para burayak masih membawa sisa kuning telurnya ( bisa kita lihat di dalam telur burayak,akan terdapat gumpalan kuning disana ) dan kuning telur tersebut akan habis selama kurang lebih 3 hari dan pada saat itu kita tidak perlu memberi makan burayak.
  • Nantinya banyak burayak yang jatuh dari gelembung menuju ke dasar,dan ikan cupang jantan akan mengambil telur telur tersebut menggunakan mulutnya dan kemudian menaikan burayak kembali ke bawah gelembung ( ets kalian jangan kawatir jika indukan jantan akan memakan burayaknya sendiri , memang sih jika di lihat cupang jantan seperti memakan burayak,tetapi sebenarnya cupang jantan hanya menaruh burayak burayak tersebut di dalam mulutnya dan akan menaikkan burayak kembali )
  • Setelah 3 hari ( sampai kuning telur pada burayak habis ) kita bisa memberi makan burayak dengan kuning telu yang sudah di rebus,saya sarankan menggunakan telur ayam karena telur ayam cepat memudar jika di masukkan ke dalam air. Caranya adalah dengan menaruh kuning telur pada kalin lembut lalu kita celupkan kain yang berisi kuning telur tadi kedalam media budidaya,maka kita akan melihat kuning telur tadi menjadi butiran butiran kecil.
  • lakukan pemberian pakan selama 3/4 hari sekali ( perlu di ingat , kita tidak perlu memberi makan indukan jantan karena indukan jantan masih dalam proses berpuasa )
  • Setelah burayak berumur satu minggu,kita bisa memisahkan indukan jantan dari burayak dan langsung kita masukkan ke wadah lain dan jangan lupa memberikan obat blitz, karena kebanyakan ikan cupang jantan akan terkena penyakit setelah pembudidayaan karena air yang kotor.
  • Dalam 2 minggu kita tidak perlu menguras media burayak tumbuh,karena jika kita menguras air media pembesaran maka burayak dapat mati ( burayak masih memiliki daya tahan tubuh yang sangat lemah , sehingga jika ada perubahan air maka burayak bisa mati ).
  • Setelah burayak berumur 3 minggu,kita dapat menguras air nya dan mengganti dengan air baru dan kita juga dapat memberi makan burayak menggunakan kutu air.
  • Setelah berumur 1 bulan kita bisa memberi makan burayak menggunakan cacing sutra sebaiknya kita memindahkan burayak ke media yang lebih besar agar pertumbuhan burayak semakin cepat.
  • Setelah burayak berumur 2-3 bulan,kita daopat melakukan penyortiran pada burayak,berdasarkan akreditasinya ( A,B,C) dan sebaiknya kita memisahkan anakan cupang ke tempat sendiri sendiri,karena jika tetap di campur maka burayak akan berkelahi dan akan menyebabkan sirip mereka rusak.



Bagaimana pos dari saya , menarik bukan , pada pos selanjutnya saya akan menjelaskan tentang makanan makanan ikan cupang , Atas perhatianya saya ucapkan terima kasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar