Kami juga menyediakan berbagai jenis ikan hias dan juga ikan cupang dengan kualitas kontes dengan harga yang terjangkau

Sabtu, 05 Desember 2015

Makanan Ikan Cupang

MAKANAN IKAN CUPANG


         Saat ini sudah terdapat berbagai jenis dan ragam makanan ikan cupang. Tapi kali ini saya tidak akan membahas tentang ragam dan jenis makanan tersebut,namun saya akan membahas tentang makanan yang baik pagi pertumbuhan ikan cupang. Sudah taukah anda makanan seperti apa yang dapat membantu pertumbuhan ikan cupang? Sekarang saya akan mengupasnya secara detail :
  • JENTIK NYAMUK
Saya yakin semua yang membaca artikel ini sudah mengetahui apakah itu jenting nyamuk. Jentik nyamuk merupakan calon dari nyamuk yang masih berbentuk larva. Jentik nyamuk ini samangat mudah kita temukan di genangan genangan air tenang seperti di selokan,bak dan kamar mandi,dan jentik nyamuk akan lebih mudah kita temukan pada saat musim kemarau. Jentik nyamuk sangatlah baik bagi pertumbuhan dan mental petarung bagi ikan cupang,jentik nyamuk mengandung PROTEIN : 15%, LEMAK : 8% dan SERAT: 4%. Jika memberikan jentik nyamuk pada ikan cupang usahakan agar kita memberikan jentik nyamuk yang masih kecil dan jangan memberikan jentik nyamuk yang sudah menjadi kepompong,karena dapat sangat berbahaya bagi ikan cupang
  • KUTU AIR
Kutu air merupakan salah satu mkanan faforit bagi ikan cupang. Kutu air berfungsi untuk menguatkan warna dan membuat warna ikan cupang lebih cerah. Kutu air biasanya hidup di pinggir sungai,danu,atau rawa dan sering muncul pada pagi hari. Kutu air mengandung PROTEIN 50%,KARBOHIDRAT : 1% dan LEMAK : 1%. Tapi sekarang kita sudah sangat mudah menemukan kutu air,karena di pasar pasar ikan sudah banyak yang membudidayakan kutu air. Kutu air dibedakan menjadi dua kelas yaitu kutu air Dhapnia Sp ( makanan bagi burayak/anakan cupang ) dan kutu air Dhaphia Sp ( makanan bagi cupang dewasa )

  • UDANG KECIL ( ARTHEMIA )
Arthemia merupakan udang udang kecil yang biasanya tinggal di tambak,danau,dan rawa rawa. Udang ini biasanya muncul di pinggir waduk pada pagi hari dan hidup secara bergerombol. Usahakan dalam memberi makan ikan cupang dengan artemia,pilihlah artemia yang masih berumur sekitar 1-10 hari atau berukuran 3-5 mm. Kandungan yang ada dalam artemia yaitu PROTEIN : 10% , LEMAK : 3% , dan SERAT : 1%.

  • CACING SUTRA
Cacing sutra merupakan makanan yang bagus untuk menunjang pertumbuhan ikan cupang,hal itu di sebabkan karena cacing sutra memiliki kandungan LEMAK : 13% , PROTEIN : 50% dan SERAT : 3%. Tetapi cacing sutra juga sering membawa penyakit bagi ikan cupang,hal itu terjadi dikarenakan cacing sutra hidup di perairan yang cenderung kotor dan tubuhnya sering di tempeli oleh bakteri bakteri parasit. Maka sebelum memberikan cacing sutra pada ikan cupang,sebaiknya rendam cacing sutra di air yang di beri Blitz (Obat Biru) selama 15 menit agar bakteri parasitnya mati.

  • CACING DARAH
Cacing darah memiliki betuk hampir mirip dengan jentik jentik nyamuk. Bedanya cacing darah ini berwarna merah darah. Cacing darah juga dapat di gunakan sebagai indikator air,apapila dalam suatu sungai terdapat cacing darah,maka sungai tersebbut bersih dan belum terlalu tercemar.

  • IKAN IKAN KECIL
Kita dapat memberi makan ikan cupang kita menggunakan ikan ikan kecil seperti anakan ikan guppy,anakan ikan ballon,dll. Tetapi kalo saya sendiri sih ,, saya memberi makan ikan ikan cupang saya menggunakan anakan ikan endol ( gathol ) karena lebih mudah di dapat :D

  • KUNING TELUR
Selain itu kita juga dapat menggunakan kuning telur sebagai media pakan bagi ikan cupang. Kuning telur biasanya digunakan sebagai pengganti media pakan kutu air bagi burayak burayak ikan cupang.

TIPS TIPS DARI SAYA ;

1.     Sebelum memberikan makana hidup bagi ikan cupang,sebaiknya kita rendam dulu pakan hidup tersebut lalu kita teteskan obat blitz selama satu jam,agar bakteri bakteri parasit yang menempel pada pakan akan mati.
2.     Pemberian pakan dilakukan sebaiknya 2 kali sehai pagi dan sore hari,dan jangan sekali kali memberi makan ikan cupang pada malam hari.
Lakukan pemberian pakan hidup kepada ikan cupang secara berganti ganti,misalnya hari pertama dan kedua kita beri makan kutu air,hari ke tiga dan keempat kita beri makan cacing sutra,hari kelima dan ke enam kita beri makan artemia dan seterusnya.


Trimakasih karena telah mengunjungi blog saya,tunggu pos pos saya selanjutnya ya,yang tentunya masih membahas tentang ikan cupang .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar