Kami juga menyediakan berbagai jenis ikan hias dan juga ikan cupang dengan kualitas kontes dengan harga yang terjangkau

Jumat, 04 Desember 2015

Jenis Jenis Ikan Cupang

IKAN CUPANG


            Selamat datang di blog saya,kali ini saya akan membahas tentang apa sih IKAN CUPANG itu ??? Ikan Cupang ( Betta Sp ) merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang berasal dari Asia Tenggara seperti Indonesia,Thailand,Malaysia,dll. Di alam bebas ikan cupang hidup di sungai yang beraliran tenang , danau , persawahan , dan rawa rawa. ikan cupang termasuk hewan otoriter ( ikan yang selalu melindungi daerah kekuasaan ) ikan cupang juga merupakan ikan yang kuat bertahan hidup, baik di tempat yang kecil atau bahkan air yang keruh dan tanpa aerator sekalipun.
           Nnah sekarang saya akan membahas tentang jenis jenis ikan cupang. Tapi sebelum itu saya ingin sharing terlebih dahulu. Pada saat saya masih kecil Ikan cupang sering di sebut dengan Ikan Bangkok dan di pasaran Indonesia Ikan Cupang hanya terdiri dari 4 jenis,yaitu HALFMOON,SERIT,BANGKOK,dan SLEYER. namun berkat para breeding yang semakin imajinatif sekarang Ikan cupang sudah terbagi menjadi banyak jenis.
            Secara garis besar ikan cupang di klasifikasikan menjadi 2 jenis yaitu cupang hias dan cupang aduan. Sekarang saya akan bahas satu persatu.
   A.Cupang Hias
               Ikan cupang hias merupakan ikan cupang yang memiliki keindahan warna dan sirip yang indah.Yang di minati dari jenis ikan cupang hias ini ialah keindahan warnanya,bentuk sirip dan tulang siripnya serta memiliki gerakan yang angun dan indah. Ikan cupang hias terbagi menjadi beberapa jenis,yaitu :


  1. HALF MOON                  

Cupang half moon adalah salah satu dari jenis ikan cupang hias yang memiliki banyak penggemar. Ikan ini di beri nama half moon dikarenakan sirip bagian belakangnya membentuk sudut 180 derajan sehingga hampir menyerupai setengah bulan. Oleh karena itulah cupang jenis ini di beri nama half moon. Cupang halfmoon memiliki sirip yang panjang dan indah dan cara gerak cupang halfmoon sangatnlah anggun sehingga tidak heran jika cupang halfmoon memiliki daya pikat tersendiri bagi para penggemarnya.                                                                                                               




      2. PLAKAT


Bila di lihat lihat ikan cupang plakat memang sangat mirip dengan cuang halfmoon,yang membedakan hanyalah panjang siripnya. Jika halfmoon memiliki sirip yang panjang tetapi cupang plakat justru sebaliknya yaitu pendek. Cupang plakat merupanakan hasil dari persilanagn dari cupang alam dengan cupang petarung. Ikan cupang plakat memiliki gerakan yang lincah dan cenderung agresif. Cupang plakat saai ini sudah di bedakan menjadi beberapa jenis,antara lain : Fancy,Koi,Dragon,dan Lavender.



       3.SERIT


Sebagai warga Indinesia kita patut bangga karena cupang serit ini,karena cupang serit merupakan cupang asli Indonesia. Cupang serit memiliki sirip yang unik yaitu siripnya menyerupai sebuah sisir dan tulang siripnya terkesan sangat kuat. Dulu cupang serit di kategorikan sebagai jenis cupang kelas dua dalam dunia kontes ikan cupang, Namun seiring berjalanya waktu dan banyak peternak yang membudidayakan cupang serit ini,ahirnya keberadaan ikan cupang serit ini di akui oleh IBC ( International Betta Congress ).



        4.DOUBLE TAILL


Cupang double tail adalah salah satu jenis ikan cupang hias yang unik. Ikan cupang double tail memiiki sirip yang panjang menyerupai cupang halfmoon. Namun yang membedakan cupang ini dengan cupang halfmoon ialah sirip belakangnya yang terbelah menjadi dua. Bagaimana unik bukan cupang ini, dan pada saat sirip ikan cupang double tail mengembang makan akan membentuk seperti setengah lingkaran yang tidak kalah indah dengan cupang halfmoon.






       5.GIANT


Ikan cupang jenis giant ini memiliki bentuk tubuh dan siri yang sama persis dengan cupang jenis plakat,yang membedakan hanyalah ukuran tubuhya saja dan cupang giant ini merupakan jenis ikan cupang yang memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan jenis jenis ikan cupang lainya. Ikan cupang giant ini mampu tumbuh hingga mencapai panjang 12 meter.










   B. CUPANG ADUAN 


Ikan cupang aduan merupakan jenis ikan cupang yang memiliki bentuk tubuh yang kokok dan memiliki warna yang cenderung kurang menarik. Namun cupang ini memiliki kelebihan yaitu memiliki tingkat keagresifan yang paling tinggi di bandingkan dengan jenis ikan cupang lainya. Ikan cupang jenis ini cenderung tidak di nikmati keindahanya melainkan mental bertarungnya yang agresif,sehingga cupang jenis ini sering digunakan untuk aduan.



Demikian pembahasan saya mengenai jenis jenis ikan cupang,
Tunggu pos pos saya selanjutnya ya,yang tentunya masih tentang seputar ikan cupang. 
Trima kasih.








































































    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar