Kami juga menyediakan berbagai jenis ikan hias dan juga ikan cupang dengan kualitas kontes dengan harga yang terjangkau

Jumat, 11 Desember 2015

Cupang Plakat

CUPANG PLAKAT

            Cupang Plakat merupakan salah satu jenis dari ikan cupang hias yang menyerupai ikan cupang halfmoon,hanya saja cupang plakat memiliki sirip yang lebih pendek. Cupang plakat ini berasal dari negara Gajah Putih atau yang sering kita sebut dengan Thailand. Cupang ini di temukan oleh seorang breeding asal Thailand yang mengkombinasikan antara cupang aduan dengan cupang halfmoon sehingga terciptalah cupang plakat ini. Kata "plakat" ini sebenarnya merupakan kata dari Thailan yang memiliki arti "petarung". Dulunya di Thailand,cupang plakat di gunakan sebagai ikan aduan. Namun dengan seiring berjalanya waktu,cupang plakat memiliki corak warna yang beragam dan indah,maka cupang plakat di alih fungsikan menjadi salah satu jenis dari ikan cupang hias. Cupang plakat ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2000,namun di Indonesia,cupang plakat  pertama kali muncul pada tahun 2003. Di Indonesia cupang ini pertama kali diperkenalkan oleh Henry Gunawan,hermanus dan Joty Admadjaja dan di Indonesia cupang plakat pertama kali di konteskan di InBs Awards II yang dilaksanakan di Gajah Mada Plazza pada tahun 2003,amun pada saat itu masih dalam tahap eksebisi saja. Cupang plakat di perkenalkan di Indonesia sebenarnya di gunakan untuk membuat warna baru dalam pasar ikan cupang dalam rangka menyaingi boomingnya ikan Lou Han. Nah berkat ikan cupang plakat ini,banyak para pencinta ikan hias ini mulai melirik kembali ikan cupang.
           Pada saat ini ikan cupang plakat sudah memiliki berbagai cabang jenis,salah satunya ialah cupang plakat koi,plakat fancy,plakat halfmoon,plakat lavender,plakat dragon,plakat marbel,plakat big ear,dan masih banyak lagi.dalam kesempatan kali ini saya akan menjabarkan tentang beberapa jenis dari ikan cupang plakat ini.
  1. Plakat Koi 
Di sebut dengan plakat jenis koi karena warna yang dimilikinya menyerupai warna dari ikan koi. Plakat koi ini memiliki 3 warna yang ada di seluruh bagian tubuhnya. Warna itu biasanya meliputi warna merah,hitam.putih,dan kuning.










     2. Plakat Fancy

 Plakat fancy memiliki tubuh yang seluruh bagian tubuhnya di penuhi oleh 3-4 warna. Warna yang ada di tubuhnya biasanya didominasi oleh warna warna cerah.








     3. Plakat Dragon

Plakat dragon memiliki ciri ciri warna sisik yang mengkilap atau kasar tetapi tidak transparan.














     4. Plakat Lavender

Plakat lavender memiliki ciri ciri seluruh bagian siri tepi belakang nya di lapisi oleh warna putih atau yang lain,dan seirip depanya memiliki warna yang sama dengan warna tubuhnya dan biasanya di bagian bagian mulut atau moncoknya terdapat cocolan warna putih.









     5. Plakat big ear

Plakat ig air ini memiliki ciri khusus yaitu sirip depan dan sirip wawahnya memiliki bentuk yang panjang dan lebar.


















3 komentar: